Rabu, 08 Juni 2011

Pemerintah Siapkan 3 Kawasan Kota Metropolitan Baru

Pemerintah meyakinkan bahwa tiga kota besar yaitu Medan, Makasar, dan Denpasar akan menyusul Jakarta menjadi kota metropolitan

Dirjen Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Imam Santoso Ernawi menyebutkan pemerintah tengah menggarap tiga kawasan tersebut untuk menjadi metropolitan baru di Indonesia.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terkait kawasan strategis nasional dan perbatasan disebutkan Medan Makasar dan Denpaaar sebagai target metropolitan yang akan dikembangkan.

"Ini akan berkembang sebagai metropolitan Medan, Makasar, Denpasar itu akan ditetapkan dalam  RTRW kawasan nasional, sebagai perkotaan metropolitan," ujar Erwani kala ditemui di kantor Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa  (25/1/2011).

Adapun tata ruang ini dibentuk agar perkembangan menunju ke arah yang positif "Mengapa diperlukan tata ruang metro supaya perkembangannya tidak karuan, agar terarah," ucapnya.

Menurut Erwani kawasan ini karena dinilai strategis, dan termasuk kota-kota yang besar di Indonesia. "Karena strategis, perlu disusun tata ruangnya sebagai kawasan metropolitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar